Kronologi Perang Dunia II: Dari Invasi Polandia hingga Menyerahnya Jepang

Gambar
  Pertempuran di Eropa dimulai dengan serangan Jerman atas Polandia pada tanggal 1 September 1939. Dalam wakktu singkat serangan kilat Jerman dapat menguasai sebagain besar Polandia. Inggris    dan Perancis menyatakan perang terhadap Jermanpada tanggal 3 September 1939 , tetapi tidak bisa menolong Polandia dari serbuan Jerman. Polandia menyerah dan negara tersebut diduduki Jerman bersama Uni Soviet di bagian Timur. Pada tanggal 10 Mei 1940 tanpa ada pernyataan perang , Jerman menyerbu Belanda, Belgia, Luxembrug dan kemudian Perancis. Ketika pada awal Juni 1940 Jerman bersiap untuk menyerbu Perancis melalui kota Sedan , Italia menyatakan perang kepada Inggris dan Perancis pada tanggal 10 Juni 1940. Perancis yang diserang dari Utara dan Selatan tidak dapat bertahan dan dan Jederal de Gaulle membentuk pemerintahan pengasing di London. Aliansi Militer Jerman-Italia-Jepang ( Encharta , 2006) Pertempuran di front barat dilanjutkan oleh Jerman dengan menyerang Inggris.  Ket...

IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN MURID DI SEKOLAH BINAAN

Pembinaan di Sekolah Binaan ( Dokumentasi Penulis)

 

AWAL

"Besok, di mana pun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda." Nadiem Makarim. Pernyataan  Mas Menteri  Ini sebenarnya ditujukan untuk kita semua, agar pengawas, kepala sekolah, guru memberikan ruang yang lebih pada murid dalam melakukan pembelajaran dan kepemimpinan di sekolah. Paradigma baru pendidik terus bergulir untuk menciptakan perubahan besar pendidikan yang berpihak pada murid.

Perubahan besar harus kita lakukan , menurut Bandura , 2006 “ perubahan harus dimulai dengan kesengajaan utuk dibangun , untuk mengatur dan melakukannya, semua harus bergerak”.  Murid diberikan kesempatan membuat pilihan, mengarahkan pada pembelajaran sendiri.  Kemampuan murid untuk mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan-pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontribusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka kepada orang lain, dan melakukan tindakan nyata sebagai hasil proses belajarnya.

Kepemimpinan murid adalah tentang murid yang bertindak secara aktif dan membuat keputusan serta pilihan yang bertanggung jawab, daripada hanya sekedar menerima apa yang ditentukan oleh orang lain. Nah sebagai pengawas pembina saya akan mendorong terciptanya kepemimpinan murid pada sekolah binaan. Murid harus dapat tumbuh potensi diri dan karakteristiknya secara optimal kita mulai sejak dini.

 

TANTANGAN

Ketika murid menunjukkan agency dalam proses pembelajaran, yaitu ketika mereka berperan aktif dalam memutuskan apa dan bagaimana mereka akan belajar, maka mereka cenderung menunjukkan motivasi yang lebih besar untuk belajar dan lebih mampu menentukan tujuan belajar mereka sendiri. Lewat proses yang seperti ini, murid-murid akan secara natural mempelajari keterampilan belajar (belajar bagaimana belajar). Keterampilan belajar ini adalah sebuah keterampilan yang sangat penting, yang dapat dan akan mereka gunakan sepanjang hidup mereka.

Murid mulai diberikan kesempatan untuk mempertimbangkan ‘suara’; ‘pilihan’; dan ‘kepemilikan’ murid untuk mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid. Murid  diberikan kesempatan untuk memilih “choice” bagaimana mereka menunjukkan pemahamannya terhadap apa yang telah mereka pelajari. Memberikan kesempatan pada murid untuk memilih peran yang dapat mereka ambil dalam sebuah kegiatan dan cara pengaturan kegiatan.

Dalam bersuara “voice” murid diberi kesempatan untuk bertanya, memberikan pendapat, berdiskusi, mendiskusikan keyakinan kelas dan membuat kesepakatan kelas dan melibatkan murid dalam memberikan umpan balik terhadap proses belajar yang telah dilakukan.

Kepemilikan murid “ownership “ , mengajak murid mengatur layout kelas mereka sendiri, meminta pendapat murid untuk menentukan bentuk penugasan dan merespon feedback yang diberikan murid. Namun untuk memberikan ruang pada sekolah untuk mendorong terciptanya kepemimpian murid , bukan hal yang mudah perlu adanya kolaborasi dalam komunitas sekolah guna mewujudkan tujuan tersebut.

Semua warga sekolah dan pemangku kepentingan diajak duduk bersama merumuskan kepemimpinan murid  yang diharapkan. Beberapa prinsip yang dapat dijadikan panduan dalam membangun interaksi murid dengan komunitas antara lain :

1. Membangun suasana yang menghargai murid. Hal ini agar dalam interaksinya dengan komunitas, murid akan senantiasa merasa disambut. dipercaya, dan aman secara fisik dan emosional.

 2. Mendengarkan murid. Agar dapat tercipta sikap saling memahami dan saling percaya, maka perlu ada upaya untuk mendengarkan murid dengan tulus dan penuh perhatian. Terkadang mungkin tidak mudah melakukan hal ini karena tidak semua anak-anak mampu mengekspresikan apa yang ada dipikirannya dengan jelas. Perlu adanya kesabaran dan empati dari komunitas.

3. Dialog atau komunikasi dengan murid. Saat membangun pemahaman, murid akan mengkonstruksi pemahamannya melalui proses refleksi dari pengalaman interaksinya dengan lingkungan dan orang-orang disekitarnya.

4. Menempatkan murid dalam kursi kemudi. Dalam proses pembuatan keputusan, komunitas dapat memberikan saran atau mendorong ide-ide murid, namun pada akhirnya perlu memastikan bahwa murid lah yang akan mengambil keputusan.

AKSI

Langkah nyata yang harus dilakukan pengawas dalam mendampingi guru dan kepala sekolahnya untuk berinovasi harus dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Pengawas melakukan pembinaan guru dan kepala sekolah dengan memberikan materi kesepakatan kelas . Setiap kelas diharapkan guru bersama murid membuat kesepakatan atau kenyakinan kelas. Untuk memberikan kesempatan murid berpendapat menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar di kelasnya. Selain itu  memberikan kesempatan setiap murid menjadi pengurus kelas.


Dalam program sekolah, murid diberikan kesempatan menjadi panitia dan pengurus dalam suatu kegiatan sekolah. Misalnya kegiatan bakti sosial, kegiatan pentas seni, kegiatan pameran karya, kegiatan kelompok ilmiah remaja, dan lain sebagainya. Murid harus mulai diberikan ruang untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan yang sangat berguna bagi pengalaman hidup dimasa depannya.

  

Implementasi Kepemimpinan Murid  di SMP Regina Pacis Bogor

SMP Regina Pacis Bogor merupakan salah satu dari 8 sekolah binaan, telah memberikan ruang yang luar biasa untuk meningkatkan kepemimpinan murid. Sekolah tersebut banyak inovasinya dan saat ini mendapatkan penghargaan Kemendibudristek berupa BOS Prestasi. Dalam beberapa kegiatan telah banyak memberikan kesempatan pada murid untuk mengelola kegiatan disekolah misalnya kegiatan pentas seni, perpisahan kelas, bakti sosial , lomba-lamba dan kegiatan lainnya. Namun kepala sekolah dan guru selalu mengawasi dan memantau program yang dilakukan muridnya.

Belum lama ini ada kegiatan pameran virtual yang menggelar pameran seni murid kelas IX. Hasilnya sangat luar biasa karena murid benar-benar mengambil perannya dengan baik. Dalam menyelenggarakan pameran virtual melalui beberapa tahapan :

1.     Meeting : dalam pengerjaan pameran digital ini, kami sudah melakukan meeting sebanyak 5 kali

2.     Processing:  sudah mengerjakan pameran digital ini sejak tanggal 1 Maret 2023 dan pengerjaan ini selesai pada tanggal 11 Maret 2023..

3.     Committee:   memiliki 30 panitia yang berkontribusi dalam penyelenggaraan pameran digital ini. Ke 30 panitia tersebut berkontribusi di berbagai bidang.

Ini adalah susunan tim kami, yang bekerja sama untuk membuat pameran virtual ini agar pameran virtual ini dapat berjalan dengan baik Sebagai contoh di kelas 9F :  jumlah karya - karya yang di pamerkan Seni Lukis 27 , Karya Digitas 24 , Karya Grafis 8, Karya telenan 3

Dalam Adiwarna ada beberapa sambutan : Wali Kelas, Pengawas, Kepsek, Guru Seni Budaya, Ketua Panitia, Ketua kelas. Pendapat dari guru, orang tua, kepala sekolah dan pemengku kepentingan lainnya tentang Pameran Virtual : ada respon yang luar biasa, bangga dan menginspirasi untuk dikembangkan pada kegiatan tahun pelajaran 2023/2024, untuk semua mata pelajaran. Secara detail dapat dilihat dalam link ini : https://art9fexhibition.blogspot.com/

 

PERUBAHAN

Luar biasa, terjadi perubahan pola fikir dengan ide-ide kreatif muncul. Ternyata melakukan perubahan  yang membuat warga sekolah yang dibina merupakan hal yang sangat indah. Seperti di SMP Regina Pacis telah terjadi perubahan pola fikir, untuk selalu bergerak dan melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan managemen sekolahnya.

Banyak karya yang telah dilahirkan , perubahan nyata telah hadir terjadi perubahan perilaku siswa, guru, kepsek dan seluruh warga sekolah. Sekolah ini terus dan terus berprestasi. Begitu juga beberapa sekolah binaan lainnya juga berbenah melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid, meningkatkan ragam dalam pembelajaran berdiferensiasi, sehingga terus menerus meningkatkan kompetensi muridnya secara lebih baik. Saya bangga dengan kerja keras tim-tim disekolah binaan karena sekolah tersebut sedang dan terus bertransformasi menjadi sekolah yang berpihak pada murid.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Tanah? Pengertian, Proses Pembentukan, dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Filosofi 'Ikigai' ala Jepang: Benarkah Kunci Hidup Bahagia & Sukses di Usia Muda?

Meningkatkan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus