Rabu, 03 November 2010

Letak Indonesia

1. Letak astronomi Indonesia

Letak Astronomi adalah posisi suatu wilayah ditinjau dari koordinat garis lintang dan garis bujur. Berdasarkan hal itu letak astronomi Indonesia berada pad 6°LU (Pulau We , NAD) sampai 11°LS ( Pulau Rote , NTT) dan 95 ° BT (P. Breuh , Barat Kota Sabang , Nangro Aceh Darusalam) sampai 141 ° BT ( Merauke , Papua). Pengaruh dari posisi tersebut Indonesia dibedakan menjadi 3 daerah waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB) , Waktu Indonesia Tengah (WITA) , dan Waktu Indonesia Timur (WIT) . Patokan secara umum untuk menentukan pembagian waktu wilayah waktu adalah garis bujur wilayah Indonesia yang paling barat , yaitu 105 ° , sehingga pembagian waktu secara umum di Indonesia sebagai berikut :
 WIB terletak di Wilayah antara 105° - 120°
 WITA terletak di wilayah anatar 120° - 135 °
 WIT terletak di wilayah antara 135° - 141 °

Indonesia ditinjau dari garis lintangnya berada di daerah tropis karena wilayahnya juga dilalui garis khatulistiwa sehingga beriklim tropis. Iklim Tropis memiliki ciri antara lain : gradien suhu tahunan kecil , suhu selalu hangat, banyak pengupan , banyak hujan , flora dan faunanya banyak macamnya.

2. Letak Geografis Indonesia

Letak geografis adalah letak suatu negara /wilayah dilihat kenyataan dipermukaan bumi. Berdasarkan hal tersebut Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia dan diantara dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.
Pengaruh dari letak geografis yakni Indonesia merupakan :
1. Beriklim muson/musim kemarau dan hujan.
2. Sebagai persimpangan jalur lalu lintas dunia dapat meningkatkan perdagangan dan secara ekonomi sangat menguntungkan . Sedangkan secara sosial budaya memberikan keanekaragaman budaya dan karakter bagi wilayah Indonesia.
3. Terdapat pertemuan jalur pegunungan muda dunia (deret pegunungan Mediterania dan Sirkum Pasifik , sehingga Indonesia kaya akan barang tambang.
4. Terletak diantara negara-negara berkembang dan secara kultur historis Indonesia terletak pada pertemuan berbagai kebudayaan dunia yang terjalin satu dengan yang lain .

Tidak ada komentar: