Senin, 29 November 2010

Mengenal Tanaman Obat

Sejak terciptanya manusia di permukaan bumi, telah diciptakan pula alam sekitarnya . Sejak itu pula manusia mulai mencoba memanfaatkan alam sekitarnya untuk memenuhi keperluan alam bagi kehidupannya, termasuk keperluan obat-obatan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan.

Kenyataan menunjukkan bahwa dengan bantuan obat-obatan asal bahan alam , masyarakat dapat mengatasi masalah-masalah kesehatan yang dihadapinya. Hal ini menunjukkan bahwa obat yang berasal dari sumber bahan alam khususnya tanaman telah memperlihatkan peranannya dalam penyelenggaraan upaya-upaya kesehatan masyarakat.

Tumbuhan yang dapat dipakai sebagai obat-obatan pada umumnya dari beberapa bagian tumbuhan sangat berguna, seperti : bunga, daun , buah, batang , dan akar. Tanaman yang mempunyai khasiat sebagai obat-obatan disebat tanaman obat. Tanaman obat dalam suatu lahan biasanya dinamakan apotek hidup.

Tanaman obat selain berfungsi sebagai obat karena khasiatnya, juga berfungsi sebagai tanaman hias.
Dan pada umumnya tanaman obat mudah untuk ditanam di semua lahan . Namun saat ini keberadaan tanaman obat sudah mulai langka. Sehingga untuk tetap melestarikan keberadaan tanaman obat , kita harus banyak mengenal tanaman obat.

Pada saat ini karena khasiat tanaman obat telah terbukti nyata dirasakan , maka seharusnya tanaman obat harus tetap dilestarikan. Hal ini menyebabkan masyarakat kembali mengkonsumsi obat-obatan tradisonal dan obat herbal.
Oleh karena itu kamu juga harus banyak mengenal tanaman obat. Selain itu juga berusaha untuk mencoba menanam beberapa jenis tanaman obat.

Secara garis besar , tanaman obat terdiri dari :
1. Tanaman obat jenis umbi-umbian
2. Tanaman obat jenis perdu atau pohon kecil
3. Tanaman obat jenis tumbuhan merambat
4. Tanaman obat jenis pohon besar

Fungsi tanaman obat sebagai sarana untuk upaya-kesehatan masyarakat yang antara lain meliputi: upaya preventif (pencegahan) , upaya promotif (meningkatkan derajat kesehatan) , memperbaiki status gizi masyarakat, pelestarian alam dan upaya kuratif (penyembuhan penyakit).

Tidak ada komentar: