Kronologi Perang Dunia II: Dari Invasi Polandia hingga Menyerahnya Jepang

Gambar
  Pertempuran di Eropa dimulai dengan serangan Jerman atas Polandia pada tanggal 1 September 1939. Dalam wakktu singkat serangan kilat Jerman dapat menguasai sebagain besar Polandia. Inggris    dan Perancis menyatakan perang terhadap Jermanpada tanggal 3 September 1939 , tetapi tidak bisa menolong Polandia dari serbuan Jerman. Polandia menyerah dan negara tersebut diduduki Jerman bersama Uni Soviet di bagian Timur. Pada tanggal 10 Mei 1940 tanpa ada pernyataan perang , Jerman menyerbu Belanda, Belgia, Luxembrug dan kemudian Perancis. Ketika pada awal Juni 1940 Jerman bersiap untuk menyerbu Perancis melalui kota Sedan , Italia menyatakan perang kepada Inggris dan Perancis pada tanggal 10 Juni 1940. Perancis yang diserang dari Utara dan Selatan tidak dapat bertahan dan dan Jederal de Gaulle membentuk pemerintahan pengasing di London. Aliansi Militer Jerman-Italia-Jepang ( Encharta , 2006) Pertempuran di front barat dilanjutkan oleh Jerman dengan menyerang Inggris.  Ket...

MODEL PEMBELAJARAN BERPETUALANG MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA (ATAP)

 Model Penulisan ATAP 

AWAL :

Belajar  IPS oleh siswa dianggap tidak menarik, karena banyak hapalan dan belajarnya monoton. Ini membuat semangat belajar siswa menurun dan tidak kondusif. Namun saya sebagai guru ingin mengubah mata pelajaran IPS menjadi menarik dan siswa dapat belajar dengan ceria dan penuh semangat.

Mencari Pertanyaan dan Menjawabnya Berkolaborasi (Dokumen Pribadi )




TANTANGAN :

Saya telah mencoba beberapa cara , namun hasilnya belum maksimal. Apalagi kalau jam mengajarnya siang pelajaran IPS semakin tidak menarik. Ada juga yang beranggapan pelajaran IPS tidak penting, sehingga penghargaan siswapun seolah-olah diremehkan.

AKSI :

Saya akhirnya menemukan cara dengan belajar macam-macam model pembelajaran aktif. Pembelajaran ini akan mengubah pola fikir dan cara belajar yang membuat seluruh siswanya aktif karena semuanya diberikan peran dalam kelompok belajarnya.

Saya melakukan modifikasi dari beberapa model pembelajaran dalam suatu model belajar “ berpetualang “. Siswa diajak secara kelompok memecahkan permasalah dari beberapa pertanyaan yang “disembunyikan” dan  dicari dengan berpetualang, dengan melewati beberapa rintangan. Rintangan tersebut merupakan tatatangan kelompok untuk kompak dan bekerja sama dengan baik utuk melewatinya. Setelah mendapatkan petunjukan dari denah/peta perjalanan akan memperoleh pertanyaan dan siswa dalam kelompok harus menjawab pertanyaan tersebut. Setelah selesai menjawab , ditandai dengan merayakan dengan yel-yel. Setelah itu melanjutkan perjalanan untuk mencari pertanyaan dan menjawabnya secara berkelompok.

Suasana menyenangkan akan tercipta dan siswa melakukan pembelajaran yang sebenarnya untuk memecahkan masalah.

PELAJARAN/PERUBAHAN :

Hal  yang menarik akan timbul dari model pembelajaran berpetualang, siswa senang , dapat memecahkan persoalan dalam belajar, bekerja dan berkolaborasi dalam kelompok.

Dalam setiap saya masuk kelas , siswa menjadi riang gembira dan menginginkan belajar dengan model pembelajaran berpetualang.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Tanah? Pengertian, Proses Pembentukan, dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Filosofi 'Ikigai' ala Jepang: Benarkah Kunci Hidup Bahagia & Sukses di Usia Muda?

Meningkatkan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus