Model Penulisan ATAP
AWAL :
Belajar IPS oleh siswa dianggap tidak menarik, karena
banyak hapalan dan belajarnya monoton. Ini membuat semangat belajar siswa
menurun dan tidak kondusif. Namun saya sebagai guru ingin mengubah mata
pelajaran IPS menjadi menarik dan siswa dapat belajar dengan ceria dan penuh
semangat.
TANTANGAN :
Saya
telah mencoba beberapa cara , namun hasilnya belum maksimal. Apalagi kalau jam
mengajarnya siang pelajaran IPS semakin tidak menarik. Ada juga yang
beranggapan pelajaran IPS tidak penting, sehingga penghargaan siswapun
seolah-olah diremehkan.
AKSI :
Saya
akhirnya menemukan cara dengan belajar macam-macam model pembelajaran aktif.
Pembelajaran ini akan mengubah pola fikir dan cara belajar yang membuat seluruh
siswanya aktif karena semuanya diberikan peran dalam kelompok belajarnya.
Saya
melakukan modifikasi dari beberapa model pembelajaran dalam suatu model belajar
“ berpetualang “. Siswa diajak secara kelompok memecahkan permasalah dari
beberapa pertanyaan yang “disembunyikan” dan
dicari dengan berpetualang, dengan melewati beberapa rintangan.
Rintangan tersebut merupakan tatatangan kelompok untuk kompak dan bekerja sama
dengan baik utuk melewatinya. Setelah mendapatkan petunjukan dari denah/peta
perjalanan akan memperoleh pertanyaan dan siswa dalam kelompok harus menjawab
pertanyaan tersebut. Setelah selesai menjawab , ditandai dengan merayakan
dengan yel-yel. Setelah itu melanjutkan perjalanan untuk mencari pertanyaan dan
menjawabnya secara berkelompok.
Suasana
menyenangkan akan tercipta dan siswa melakukan pembelajaran yang sebenarnya
untuk memecahkan masalah.
PELAJARAN/PERUBAHAN :
Hal yang menarik akan timbul dari model
pembelajaran berpetualang, siswa senang , dapat memecahkan persoalan dalam
belajar, bekerja dan berkolaborasi dalam kelompok.
Dalam
setiap saya masuk kelas , siswa menjadi riang gembira dan menginginkan belajar
dengan model pembelajaran berpetualang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar