Jumat, 06 Februari 2009

Contoh beberapa RPP IPS SMP

Bapak ibu guru di Indonesia , saya memberikan beberapa contoh RPP mungkin bermanfaat bagi bapak/ibu sekalian , terima kasih.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP/MTS
:
SMP Negeri 6 Kota Bogor
Mata Pelajaran
:
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
:
VIII/1
Pertemuan Ke-
:
1
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 x pertemuan)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar
:
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator
:
· Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia.

· Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.


I.
Tujuan Pembelajaran
- Memahami peta tentang posisi geografis dan letak geografis Indonesia dan tanya jawab tentang kaitan letak geografis dengan iklim di Indonesia.




II.
Materi Ajar
Letak geografis Indonesia (posisi geografis dan letak geografis).

Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.



III.
Metode Pembelajaran

Demonstrasi , Tanya jawab , Diskusi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran

A.
Kegiatan Awal


- Apresepsi : mengucapkan salam dan membaca doa, menjelaskan tujuan kompetensi dan indicator yang akan dicapai, mengkaitkan tema belajar dengan kehidupan disekitar kita
- Motivasi : mengkondisikan peserta didik benar-benar siap dalam belajar

B.
Kegiatan Inti


- Menyajikan informasi peta Indonesia dan menyanyikan lagu dari sabang sampai merauke
- Peserta didik berkelompok dalam kelompok belajarnya dan memberikan intruksi kegiatan belajar , menunjukan letak Astronomi Indonesia ( mencari Pulau We, Pulau Breuh, Pulau Rote, Kota Sabang, Kota Merauke, menghitung pajang garis lintang dan panjang garis bujur Indonesia ) dan menjelaskan letak geografis . Memberikan penjelasan akibat letak astronomi dan letak geografi yang demikian. Dan memberikan laporan hasil diskusi
- Memberikan layanan bimbingan dan mementau pada peserta didik bilamana ada yang kesulitan atau bertanya tentang materi atau instruksi yang belum jelas
- Peserta didik mempresentasikan secara demostratif di depan kelas disertai Tanya jawab kegiatan diskusi ( * hanya beberapa kelompok saja , dan kelompok lain melakukan kegiatan yang sama dalam tema belajar yang lain )


C.
Kegiatan Akhir


- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama-sama tentang akibat letak astronomi Indonesia dan letak geografi Indonesia.
- Guru memberi kesimpulan yang simpul dari tema belajar hari ini
- Guru melakukan releksi * apa pentingnya peserta didik belajar letak astronomi dan letak geografi Indonesia
V.
Alat/Bahan/Sumber Belajar

Buku Pelajaran , Peta Indonesia, Atlas, Peta pembagian wilayah waktu di Indonesia, Peta angin muson di Indonesia. (INTERNET hasil dokumentasi guru atau penugasan peserta didik)

VI.
Penilaian

Contoh Instrumen Penilaian Kelompok

No
Aspek Penilaian
Skala Penilaian
Nilai jumlah
Hasi Pengamatan
skor

1
Penunjukan obyek peta
A
B
C
D

2
Penjelasan letas astronomis Indonesia dan akibatnya





3
Penjelasan letak geografis Indonesia dan akibatnya





4
Kesimpulan hasil pembahasan






Jumlah






Skala penilaian : A *sangat baik B * baik C* Cukup D* Kurang


















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SMP/MTS
:
SMP Negeri 6 Kota Bogor
Mata Pelajaran
:
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
:
VIII/1
Pertemuan Ke-
:
2
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar
:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Indikator
:
· Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
· Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
· Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.


I.
Tujuan Pembelajaran
Mengkaji kaitan letak geografis dengan waktu dan perubahan musimdi Indonesia.
Membuat peta persebaran flora dan fauna Indonesia.
Mengamati peta tentang persebaran jenis tanah di Indonesia.
Diskusi tentang pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia.



II.
Materi Ajar

Musim di Indonesia.
Persebaran flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
Persebaran jenis tanah di Indonesia.
Pemanfatan berbagai jenis tanah di Indonesia.

III.
Metode Pembelajaran

Demonstrasi , Tanya jawab , Diskusi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran

A.
Kegiatan Awal


- Apresepsi : mengucapkan salam dan membaca doa, menjelaskan tujuan kompetensi dan indicator yang akan dicapai, mengkaitkan tema belajar dengan kehidupan disekitar kita
- Motivasi : mengkondisikan peserta didik benar-benar siap dalam belajar

B.
Kegiatan Inti


- Menyajikan informasi peta Indonesia , gambar flora fauna di Indonesia, gambar hutan Indonesia, Gambar tanah atau peta jenis tanah dari atlas.
- Peserta didik berkelompok dalam kelompok belajarnya dan memberikan intruksi kegiatan belajar tentang penggolongan tipe fauna di Indonesia (*asiatis, australis, peralihan ) , Jenis-jenis hutan di Indonesia, Penyebab perbedaan tanah di Indonesia , memberikan laporan hasil diskusi
- Memberikan layanan bimbingan dan mementau pada peserta didik bilamana ada yang kesulitan atau bertanya tentang materi atau instruksi yang belum jelas
- Peserta didik mempresentasikan secara demostratif di depan kelas disertai Tanya jawab kegiatan diskusi ( * hanya beberapa kelompok saja , dan kelompok lain melakukan kegiatan yang sama dalam tema belajar yang lain )


C.
Kegiatan Akhir


- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama-sama tentang tema dalam diskusi
- Guru memberi kesimpulan yang simpul dari tema belajar hari ini
- Guru melakukan releksi * apa pentingnya peserta didik belajar dalam hari ini
V.
Alat/Bahan/Sumber Belajar

Peta pembagian wilayaf flora dan fauna Indonesia.
Peta persebaran jenis tanah di Indonesia.
LKS
Buku Geografi yang relevan
VI.
Penilaian

Contoh Instrumen Penilaian Kelompok

No
Aspek Penilaian
Skala Penilaian
Nilai jumlah
Hasi Pengamatan
skor

1
Penunjukan obyek peta
A
B
C
D

2
Penjelasan tipe asiatis,australis, peralihan





3
Penjelasan jenis-jenis hutan Indonesia





4
Kesimpulan hasil pembahasan






Jumlah






Skala penilaian : A *sangat baik B * baik C* Cukup D* Kurang







































































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SMP/MTS
:
SMP Negeri 6 Kota Bogor
Mata Pelajaran
:
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
:
VIII/1
Pertemuan Ke-
:
3
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 x pertemuan)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar
:
1. Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
Indikator
:
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan penduduk (kelahiran dan kematian).
· Mendesripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka
kematian.
· Mengdentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat
kelahiran dan kematian.

I.
Tujuan Pembelajaran
Memahami pertumbuhan penduduk, kepadapatan penduduk, menghitung kepadatan penduduk


II.
Materi Ajar

- Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
- Angka kelahiran dan angka kematian serta cara menghitungnya.
- Faktor penunjang kelahiran dan kematian.
- Kepadatan penduduk dan cara menghitungnya.

III.
Metode Pembelajaran

Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Praktek Menghitung
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran

A.
Kegiatan Awal


- Apresepsi : mengucapkan salam dan membaca doa, menjelaskan tujuan kompetensi dan indicator yang akan dicapai, mengkaitkan tema belajar dengan kehidupan disekitar kita
- Motivasi : mengkondisikan peserta didik benar-benar siap dalam belajar

B.
Kegiatan Inti


· Diskusi tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
· Tanya jawab tentang angka kelahiran dan kematian.
· Diskusi tentang faktor penunjang dan penghambat kelahiran dan kematian.
· Menghitung kepadatan penduduk dan mengamati peta dan tabel kepadatan penduduk Indonesia.


C.
Kegiatan Akhir


- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama-sama tentang tema dalam diskusi
- Guru memberi kesimpulan yang simpul dari tema belajar hari ini
- Guru melakukan releksi * apa pentingnya peserta didik belajar dalam hari ini
V.
Alat/Bahan/Sumber Belajar

Peta Indonesia, Atlas , Peta persebaran penduduk di Indonesia, Gambar-gambar yang relevan,LKS,Buku Geografi yang relevan.
VI.
Penilaian

Sebutkah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk alami!
Angka kelahira suatu daerah adalah 34. apa artinya?
Sebutkat 4 faktor penunjang kelahiran!
Buatlah peta kepadatan penduduk antar propinsi diIndonesia!





















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SMP/MTS
:
SMP Negeri 6 Kota Bogor
Mata Pelajaran
:
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
:
VIII/1
Pertemuan Ke-
:
4
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 x pertemuan)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar
:
1. Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
Indikator
:
· Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
· Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan (sex ratio)
dan beban ketergantungan, serta mengartikan angka tersebut.
· Mengartikan angka Usia Harapan Hidup.
· Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya
mengatasinya.
· Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
· Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi serta usaha
penanggulangannya.

I.
Tujuan Pembelajaran
Memahami , mendeskripsikan dan menganalisa, kepadatan penduduk serta migrasi penduduk


II.
Materi Ajar

- Piramida penduduk Indonesia.
- Ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
- Jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya.
- Dampak positif dan negatif migrasi dan usaha penanggulangan dampak negatif migrasi.

III.
Metode Pembelajaran

Diskusi dan Demonstrasi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran

A.
Kegiatan Awal


- Apresepsi : mengucapkan salam dan membaca doa, menjelaskan tujuan kompetensi dan indicator yang akan dicapai, mengkaitkan tema belajar dengan kehidupan disekitar kita
- Motivasi : mengkondisikan peserta didik benar-benar siap dalam belajar

B.
Kegiatan Inti


- Menjelasakan instruksi kegiatan dengan menuliskan format piramida kosong agar diisi oleh peserta didik tentang jumlah keluarga dan umur serta jenis kelamin , peserta didik maju kedepan menuliskan data ekeluarganya
- Menghitung data yang ada secara bersama-sama, kemudian peserta didik menggambarkan dalam kelompok belajar.
- Mengamati peserta didik dan memberikan kemudahan , serta menambahkan instruksi kerja dengan : menyimpulan termasuk jenis piramida apa, bagaimana cirri-cirinya , menjelaskan migrasi dan jenis-jenisnya , serta menanyakan bagaimana cara menanggulangi migrasi (urbanisasi).
- Beberapa kelompok presentassi

C.
Kegiatan Akhir


- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama-sama tentang tema dalam diskusi
- Guru memberi kesimpulan yang simpul dari tema belajar hari ini
- Guru melakukan releksi * apa pentingnya peserta didik belajar dalam hari ini
V.
Alat/Bahan/Sumber Belajar

Gambar-gambar yang relevan ,.LKS, Buku Geografi yang relevan.

VI.
Penilaian

Jelaskan ciri-ciri piramida penduduk limas!
Jika di suatu daerah jumlah penduduk laki-laki 100 dan jumlah penduduk perempuan 120, berapakah sex rationya?
Angka Usia Harapan Hidup suatu negara adalah 65. Apa artinya?
Jelaskan upaya mengatasi ledakan penduduk!
Carilah data penduduk yang datang dan yang pergi di daerahmu setiap bulan selama satu tahun!
Jelaskan dampak negatif urbanisasi bagi daerah tujuan!



























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SMP/MTS
:
SMP Negeri 6 Kota Bogor
Mata Pelajaran
:
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
:
VIII/1
Pertemuan Ke-
:
5
Alokasi Waktu
:
2 X40 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar
:
1.1 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan

Indikator
:
· Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
· Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan.
· Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
· Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.


I.
Tujuan Pembelajaran
Mendeskripsikan jenis-jenis lingkungen hidup, bentuk kerusakaan dan usaha mengatasinya


II.
Materi Ajar

- Arti penting lingkungan bagi kehidupan.
- Bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
- Usaha pelestarian lingkungan hidup


III.
Metode Pembelajaran

Pengamatan dan penugasan individu
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran

A.
Kegiatan Awal


- Apresepsi : mengucapkan salam dan membaca doa, menjelaskan tujuan kompetensi dan indicator yang akan dicapai, mengkaitkan tema belajar dengan kehidupan disekitar kita
- Motivasi : mengkondisikan peserta didik benar-benar siap dalam belajar

B.
Kegiatan Inti


Menayangkan Gambar tentang lingkungan hidup, bentuk-bentuk kerusakan, penyebab dan akibatnya ( dari LCD/Video )
Pemberian tugas dalam kegiatan tersebut : pengertian lingkungan, bentuk-bentuk kerusakan, lapisan ozon, efek rumah kaca, penyebab dan akibatnya serta usaha mengatasi dari , melihat gambar hidup tersebut
Beberapa peserta didik maju kedepan membacakan hasil pengamatannya

C.
Kegiatan Akhir


Guru dan siswa menyimpulkan bersama-sama tentang kesimpulan yang dilihatnya
Refleksi bagaimana lingkungan hidup agar tetap lestari
V.
Alat/Bahan/Sumber Belajar

Buku Paket, LKS, Gambar-Gambar,Internet,Encarta,Kliping

VI.
Penilaian

Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan, dan dinilai


Mengetahui:

Bogor, Agustus 2007
Kepala SMP Negeri 1 Kota Bogor,




Guru Mata Pelajaran,



Hj. Mimin Mintarsih , SPd

Drs. Trisno Widodo
Pembina Tk. 1

NIP. 132 205 899
NIP. 480 056 633














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SMP/MTS
:
SMP Negeri 6 Kota Bogor
Mata Pelajaran
:
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
:
VII/1
Pertemuan Ke-
:
6
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 x pertemuan)
Standar Kompetensi
:
memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

Kompetensi Dasar
:
Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan

Indikator
:
Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.
Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
Mengidentifikasi penerapan pembangunan berkelanjutan.
Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan
kualitas).
Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap
pembangunan.






I.
Tujuan Pembelajaran
Mendeskripsikan pembangunan berkelanjutan, penerapan dan usaha mengatasi permasalahan nya


II.
Materi Ajar

- Hakekat pembangunan berkelanjutan.
- Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
- Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar
- Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan
III.
Metode Pembelajaran

Diskusi bervariasi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran

A.
Kegiatan Awal


- Apresepsi : mengucapkan salam dan membaca doa, menjelaskan tujuan kompetensi dan indicator yang akan dicapai, mengkaitkan tema belajar dengan kehidupan disekitar kita
- Motivasi : mengkondisikan peserta didik benar-benar siap dalam belajar

B.
Kegiatan Inti


Menayangkan Gambar tentang lingkungan hidup,prosess pembangunan, hasil pembangunan, beberapa dampak social kependudukan ( dari LCD/Video )
Pemberian tugas dalam kegiatan tersebut : hakekat pembangunan berkelanjutan , cirri-ciri pembangunan berkelanjutan , permaslahan pembangunan dan usaha mengatasinya.
Peserta didik belajar di kelompok dan guru selalu memberikan kemudahan apabila ada yang kesulitan
Beberapa peserta didik maju kedepan membacakan hasil kegiatannya dan membuka Tanya-jawab

C.
Kegiatan Akhir


Guru dan siswa menyimpulkan bersama-sama tentang kesimpulan yang dilihatnya
Refleksi bagaimana lingkungan hidup awet dan pembangunan dapat terus berjalan
V.
Alat/Bahan/Sumber Belajar

Buku Paket, LKS, Gambar-Gambar,Internet,Encarta,Kliping

VI.
Penilaian

Hasil pekerjaan siswa dan performan presentasi dinilai dengan format penilaian yang ada.


Mengetahui:

Bogor, Agustus 2007
Kepala SMP Negeri 1 Kota Bogor,




Guru Mata Pelajaran,



Hj. Mimin Mintarsih , SPd

Drs. Trisno Widodo
Pembina Tk. 1

NIP. 132 205 899
NIP. 480 056 633

Tidak ada komentar: