Langkah yang dilakukan pada pendampingan satuan Pendidikan dengan mengisi format SKP, Praktik Kinerja tahap pendampingan satuan Pendidikan. Ada beberapa pertanyaan yang diisi beberapa pertanyaan.
Berikut isi catatan yang sudah dikumpulkan:
1.
Pengalaman yang paling mengesankan:
Strategi Pengawas dengan memilih Strategi , Kolaborasi
dengan Pemangku Kepentingan untuk membantu kepala sekolah mewujudkan
inovasinya. Langkah-Langkah Diskusi mendalam dengan kepala sekolah untuk
memahami tujuan inovasi ini.
2.
Pengalaman yang paling sulit:
Resistensi terhadap Feedback, saat pengawas memberikan saran
perbaikan, merasa "diserang" dan bersikap defensif, Ia menganggap
kritik sebagai bentuk ketidakpercayaan terhadap kepemimpinannya.
3.
Pengalaman yang paling memuaskan:
Peningkatan Kedisiplinan : Tingkat kehadiran guru meningkat
dari 85% menjadi 98% dalam 3 bulan.
Keterlambatan siswa berkurang 40% karena sistem ini diterapkan di gerbang
sekolah.
4. Faktor yang membuat strategi berhasil:
1. Hubungan yang Baik antara Pengawas dan Sekolah
2. Kompetensi dan Pengalaman Pengawas
3. Keterlibatan Aktif Kepala Sekolah dan Guru
4. Kejelasan Tujuan dan Strategi Pendampingan
5. Budaya Sekolah yang Positif
6. Dukungan Dinas Pendidikan
5. Faktor yang
membuat strategi terhambat:
1. Kepala sekolah yang merasa "tidak butuh
didampingi" atau takut dikritik bisa menjadi penghambat utama.
2. Ketidakhadiran atau tidak konsistennya pendampingan membuat program jadi
setengah jalan.
6. Penyesuaian
strategi yang sudah dilakukan:
1. Menjaga Hubungan yang Baik antara Pengawas dan Sekolah
2. Adanya rencana yang jelas, indikator keberhasilan, dan pembagian peran yang
konkret.
3. Meningkatkan Kemampuan coaching dan mentoring pengawas
7. Penyesuaian
strategi yang akan dilakukan:
1. Meningkatkan Sekolah yang memiliki budaya kerja sama,
terbuka terhadap evaluasi, dan terus belajar akan lebih mudah berkembang.
2. Sekolah mendapatkan apresiasi dari Dinas Pendidikan sebagai Sekolah
Percontohan Inovasi Digital di Kota Bogor.
8. Upaya yang
akan dilakukan:
1. Melakukan komunikasi efektif , mendengarkan ide kepala
sekolah dan tidak mendominasi, sehingga kepala sekolah merasa dihargai.
2. Melakukan Sinergi dengan dinas pendidikan dan mitra teknologi menjadi kunci
keberhasilan.
![]() |
Pengisian Format Pendampingan di Satuan Pendidikan ( Dokumen penulis ) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar