Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja Pengawas Sekolah , Dalam Pendampingan Kepala sekolah di Satuan Pendidikan : Pengisian SKP Pengawas sebagai Pegawai
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Dalam Pengisian format SKP pengawas sekolah dimulai pengisian Praktik Kinerja dalam Diskisi Persiapan . Ada 3 pertanyaan yang harus dijawab oleh Pengawas Sekolah.
1.
Tiga tantangan yang pernah atau
berpotensi Anda temukan saat pendampingan:
Berikut tiga tantangan umum yang
dihadapi pengawas sekolah saat mendampingi kepala sekolah :
1. Perbedaan Persepsi tentang
Visi dan Prioritas
Tantangan: Pengawas dan kepala sekolah mungkin memiliki pandangan berbeda
terkait tujuan pendidikan, strategi peningkatan mutu, atau prioritas program.
Misalnya, pengawas mungkin menekankan inovasi teknologi, sementara kepala
sekolah fokus pada peningkatan disiplin siswa.
Dampak: Ketidakselarasan ini dapat menghambat kolaborasi dan menciptakan
konflik dalam pengambilan keputusan.
2. Resistensi terhadap Perubahan
Tantangan: Beberapa kepala sekolah mungkin enggan menerapkan kebijakan baru
(sepaerti kurikulum terbaru, sistem evaluasi digital, atau model pembelajaran
inklusif) karena faktor kebiasaan, kurangnya pemahaman, atau kekhawatiran akan
reaksi stakeholder (guru/orang tua).
Dampak: Pengawas perlu menggunakan pendekatan persuasif dan pendampingan
intensif untuk mengubah pola pikir ini, yang membutuhkan waktu dan kesabaran.
3. Keterbatasan Sumber Daya dan Dukungan
Tantangan: Kepala sekolah sering menghadapi kendala seperti anggaran terbatas,
kekurangan tenaga pendidik, atau sarana-prasarana yang tidak memadai. Pengawas
harus membantu mencari solusi, tetapi mungkin juga terkendala oleh regulasi
birokrasi atau ketiadaan dukungan dari pemerintah daerah.
Dampak: Tanpa solusi konkret, kepala sekolah bisa frustrasi dan kehilangan
motivasi untuk menjalankan program inovatif.
Strategi Penanganan:
Membangun komunikasi terbuka dan pendekatan partisipatif.
Memberikan pelatihan atau mentoring untuk meningkatkan kapasitas kepala
sekolah.
Kolaborasi dengan pemangku kepentingan (dinas pendidikan, komunitas) untuk
mengatasi kendala sumber daya.
Salah satu isu penting yang perlu
menjadi fokus pendampingan pengawas sekolah adalah "Meningkatkan Kapasitas
Kepemimpinan Instruksional (Instructional Leadership) Kepala Sekolah".
Isu ini krusial karena kepala sekolah memegang peran sentral dalam memastikan
kualitas pembelajaran di sekolah, namun banyak yang masih terfokus pada tugas
administratif dan kurang optimal dalam memimpin aspek akademik.
3. Satdik untuk menjadi fokus pendampingan:
Dari 10 Satuan Pendidikan , difokuskan 1 yaitu SMP Negeri 18 Kota Bogor.
![]() |
| Pengawas sedang melakukan pendampingan (Dokumen pribadi penulis) |
4.
Strategi Anda dalam melakukan
pendampingan di satdik tersebut:
Strategi yang dapat diterapkan pengawas sekolah dalam melakukan
pendampingan di satuan pendidikan (sekolah), dirancang secara sistematis untuk
meningkatkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan mutu pembelajaran:
1. Melakukan analisis kebutuhan (needs assessment) untuk memahami kondisi
sekolah secara holistik.
2. Menyusun program pendampingan bersama kepala sekolah dengan prinsip
bottom-up.
3. Fokus pada pengembangan kompetensi kepala sekolah sebagai instructional
leader.
4. Memastikan kepala sekolah aktif memantau dan meningkatkan kualitas
pembelajaran.
5. Memastikan kurikulum diterapkan sesuai konsep dan konteks sekolah.
6. Memantau progres program pendampingan secara rutin.
7. Melibatkan pihak eksternal untuk mendukung keberlanjutan program.
8.Memastikan kepala sekolah mampu melanjutkan program secara mandiri.
Prinsip Penting dalam Pendampingan :
Fleksibel: Menyesuaikan pendekatan dengan karakteristik sekolah.
Partisipatif: Melibatkan seluruh stakeholder dalam proses.
Berorientasi Solusi: Fokus pada pemecahan masalah, bukan sekadar identifikasi.
Selanjutnya ada tahapan yang harus diisi oleh pengawas selama pendampingan 3 bulan mendatang.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya

Komentar