BAGAIMANAKAH
CARA MENGOLAH TANAH ?
Pengolahan tanah adalah upaya untuk meningkatkan , mempertahankan dan mengembalikan kesuburan setelah unsur hara tanah diserap tanaman. Pengolahan tanah mempunyai tujuan sebagai berikut :
1. Untuk memperoleh struktur tanah yang dibutuhkan bagi pertumbuhan benih atau akar.
2. Untuk mengendali gulma atau untuk menghilangkan tanaman yang berlebih
3. Untuk menata sisa tanaman.
4. Untuk mengurangi erosi tanah dengan mengikuti cara semacam pengolahan menurut garis tinggi, pembumbunan dan penempatan sampahan secara tepat. Didaerah yang mempunyai lereng dengan sudut kemiringan yang tinggi harus dibuat sengkedan atau terassering.
5. Untuk membenamkan dan mencampur pupuk, pestisida atau bahan tambahan ke dalam tanah.
Translate
Jumat, 29 Oktober 2010
Tanah , Pengetahuan Anak
APAKAH MANFAAT TANAH BAGI MANUSIA ?
Manfaat tanah bagi kehidupan manusia antara lain tanah sebagai lahan, bahan baku industri dan sumber energi.
1. Tanah sebagai lahan
Tanah dimanfaatkan untuk pemukiman, lahan industri, lahan pertanian dan lain-lain.
2. Tanah sebagai bahan mentah industri antara lain :
• Tanah liat, lempung merupakan bahan pembutan gerabah, bahan baku semen, bahan bangunan (genteng, bata), lumpur untuk pengeboran minyak, cetakan pengecoran besi.
• Tanah kaolin sejenis liat, lunak, warnanya putih/kuning/abu-abu kaya aluminium silikat dan dapat digunakan untuk bahan baku kertas, tekstil, kimia dan keramik.
3. Tanah sebagai sumber energi.
Tanah gambut merupakan salah satu sumber energi alternatif. Daerah persebaran tahan gambut di Indonesia terdapat di Sumetera Timur, Kalimantan Barat, Tengah , Selatan dan Papua.
Manfaat tanah bagi kehidupan manusia antara lain tanah sebagai lahan, bahan baku industri dan sumber energi.
1. Tanah sebagai lahan
Tanah dimanfaatkan untuk pemukiman, lahan industri, lahan pertanian dan lain-lain.
2. Tanah sebagai bahan mentah industri antara lain :
• Tanah liat, lempung merupakan bahan pembutan gerabah, bahan baku semen, bahan bangunan (genteng, bata), lumpur untuk pengeboran minyak, cetakan pengecoran besi.
• Tanah kaolin sejenis liat, lunak, warnanya putih/kuning/abu-abu kaya aluminium silikat dan dapat digunakan untuk bahan baku kertas, tekstil, kimia dan keramik.
3. Tanah sebagai sumber energi.
Tanah gambut merupakan salah satu sumber energi alternatif. Daerah persebaran tahan gambut di Indonesia terdapat di Sumetera Timur, Kalimantan Barat, Tengah , Selatan dan Papua.
Tanah , Pengetahuan Anak
APAKAH JENIS-JENIS ORGANISME
DI DALAM TANAH ?
Di dalam tanah terdapat organisme tanah yang mempunyai fungsi dalam mata rantai kehidupan . Organisme yang terdapat di dalam tanah , ada beberapa jenis diantaranya adalah:
Pemecah bahan organik seperti tungau , kumbang, dan collembola yang memecah-mecah bahan organic yang besar menjadi bagian-bagian kecil.
Pembusuk bahan organik seperti jamur dan bakteri yang memecahkan bahan-bahan cellular.
Pengikat hara yang hidup bebas seperti alga dan azotobakter mengikat hara di dalam tanah.
Pembangun struktur tanah seperti akar tanaman, cacing tanah, ulat-ulat, dan jamur semuanya membantu mengikat partikel-partikel tanah sehingga struktur tanah menjadi stabil dan tahan terhadap erosi.
Patogen seperti jenis jamur tertentu, bakteri dan nematoda dapat menyerang jaringan tanaman.
Predator atau pemangsa, termasuk protozoa, nematoda parasite dan jenis jamur tertentu, semuanya memangsa organisme tanah yang lain sebagai sumber makanan mereka.
DI DALAM TANAH ?
Di dalam tanah terdapat organisme tanah yang mempunyai fungsi dalam mata rantai kehidupan . Organisme yang terdapat di dalam tanah , ada beberapa jenis diantaranya adalah:
Pemecah bahan organik seperti tungau , kumbang, dan collembola yang memecah-mecah bahan organic yang besar menjadi bagian-bagian kecil.
Pembusuk bahan organik seperti jamur dan bakteri yang memecahkan bahan-bahan cellular.
Pengikat hara yang hidup bebas seperti alga dan azotobakter mengikat hara di dalam tanah.
Pembangun struktur tanah seperti akar tanaman, cacing tanah, ulat-ulat, dan jamur semuanya membantu mengikat partikel-partikel tanah sehingga struktur tanah menjadi stabil dan tahan terhadap erosi.
Patogen seperti jenis jamur tertentu, bakteri dan nematoda dapat menyerang jaringan tanaman.
Predator atau pemangsa, termasuk protozoa, nematoda parasite dan jenis jamur tertentu, semuanya memangsa organisme tanah yang lain sebagai sumber makanan mereka.
Tanah , Pengetahuan Anak
APASAJA KOMPONEN
PENYUSUN TANAH ?
Tanah bukan merupakan timbunan bahan padat dalam sistem yang mati dan statis, namun merupakan suatu sistem yang dinamis dan hidup yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Setiap tanah tersusun dari bahan mineral/anorganik, bahan organik , air tanah dan udara. Bahan mineral berasal dari hasil pelapukan batuan , sedangkan bahan organik berasal dari hasil penguraian organisme yang mati. Namun demikian perbandingan masing-masing bahan komponen penyusun tanah itu berbeda-beda pada setiap tanah dan berubah-ubah setiap saat. Untuk perbandingan komponen tanah yang baik yang dibutuhkan tanaman secara idealnya adalah bahan mineral 45% , bahan organik 5%, air 25% dan udara 25%.
PENYUSUN TANAH ?
Tanah bukan merupakan timbunan bahan padat dalam sistem yang mati dan statis, namun merupakan suatu sistem yang dinamis dan hidup yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Setiap tanah tersusun dari bahan mineral/anorganik, bahan organik , air tanah dan udara. Bahan mineral berasal dari hasil pelapukan batuan , sedangkan bahan organik berasal dari hasil penguraian organisme yang mati. Namun demikian perbandingan masing-masing bahan komponen penyusun tanah itu berbeda-beda pada setiap tanah dan berubah-ubah setiap saat. Untuk perbandingan komponen tanah yang baik yang dibutuhkan tanaman secara idealnya adalah bahan mineral 45% , bahan organik 5%, air 25% dan udara 25%.
Tanah , Pengetahuan Anak
BAGAIMANA PROSES TERBENTUKNYA TANAH ?
Tanah terbentuk dari batuan dan batuan memerlukan waktu jutaan tahun untuk berubah menjadi tanah. Batuan menjadi tanah karena pelapukan yaitu proses hancurnya batuan menjadi tanah.. Batuan dapat mengalami pelapukan karena berbagai faktor, di antaranya cuaca dan kegiatan makhluk hidup. Faktor cuaca yang menyebabkan pelapukan batuan, misalnya suhu dan curah hujan.
Pelapukan yang disebabkan oleh faktor cuaca ini disebut pelapukan fisika. Adapun makhluk hidup yang menyebabkan pelapukan, misalnya pepohonan dan lumut yang disebut pelapukan biologi. Tanah terbentuk dari beberapa faktor : batuan , iklim, jazad hidup, topografi dan waktu. Adanya berbagai berbedaan dari faktor-faktor tersebut , maka proses pelapukan dan pembentukan tanah berbeda-beda. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan jenis tanah antara satu daerah dengan daerah lainnya.
Tanah terbentuk dari batuan dan batuan memerlukan waktu jutaan tahun untuk berubah menjadi tanah. Batuan menjadi tanah karena pelapukan yaitu proses hancurnya batuan menjadi tanah.. Batuan dapat mengalami pelapukan karena berbagai faktor, di antaranya cuaca dan kegiatan makhluk hidup. Faktor cuaca yang menyebabkan pelapukan batuan, misalnya suhu dan curah hujan.
Pelapukan yang disebabkan oleh faktor cuaca ini disebut pelapukan fisika. Adapun makhluk hidup yang menyebabkan pelapukan, misalnya pepohonan dan lumut yang disebut pelapukan biologi. Tanah terbentuk dari beberapa faktor : batuan , iklim, jazad hidup, topografi dan waktu. Adanya berbagai berbedaan dari faktor-faktor tersebut , maka proses pelapukan dan pembentukan tanah berbeda-beda. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan jenis tanah antara satu daerah dengan daerah lainnya.
Tanah , Pengetahuan Anak
APAKAH TANAH ITU ?
Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah sangat penting peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh. Tanah juga menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. Bagi sebagian besar hewan darat, tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak.
Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah sangat penting peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh. Tanah juga menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. Bagi sebagian besar hewan darat, tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak.
Format Supervisi kelas
Lembar Penilaian Langkah-langkah Pembelajaran
No Aspek yang Diamati Skala Penilaian
1. Pertanyaan yang merangsang siswa berpikir tingkat tinggi 4 3 2 1
2. Langkah-langkah pemecahan masalah 4 3 2 1
3. Pembelajaran koorperatif yang digunakan 4 3 2 1
4. Pengelolaan kelas 4 3 2 1
Dilingkari berdasarkan penilaian dari Observer !
Catatan khusus:
Lembar Pengamatan Pembelajaran Di Kelas
N0. Aspek yang diamati Ya Tidak Deskripsi
1. Memberi pertanyaan yang mendorong siswa berbuat
2. Memberi pertanyaan tingkat tinggi
3. Memberikan pertanyaan klasikal dalam konteks yang tepat
4. Memberikan pertanyaan secara individual
5. Melakukan langkah pembelajaran untuk mencapai kecakapan sosial
6. Melakukan langkah pembelajaran untuk mencapai kecakapan akademik
7. Memfasilitasi siswa untuk mengemukakan solusi
8. Mengatur perabot kelas yang mendukung pembelajaran koorperaif
9. Menggunakan karya siswa sebagai sumber belajar
10. Menggunakan sumber belajar yang bervariasi
11. Memberi pembelajaran yang menghasilkan karya siswa
No Aspek yang Diamati Skala Penilaian
1. Pertanyaan yang merangsang siswa berpikir tingkat tinggi 4 3 2 1
2. Langkah-langkah pemecahan masalah 4 3 2 1
3. Pembelajaran koorperatif yang digunakan 4 3 2 1
4. Pengelolaan kelas 4 3 2 1
Dilingkari berdasarkan penilaian dari Observer !
Catatan khusus:
Lembar Pengamatan Pembelajaran Di Kelas
N0. Aspek yang diamati Ya Tidak Deskripsi
1. Memberi pertanyaan yang mendorong siswa berbuat
2. Memberi pertanyaan tingkat tinggi
3. Memberikan pertanyaan klasikal dalam konteks yang tepat
4. Memberikan pertanyaan secara individual
5. Melakukan langkah pembelajaran untuk mencapai kecakapan sosial
6. Melakukan langkah pembelajaran untuk mencapai kecakapan akademik
7. Memfasilitasi siswa untuk mengemukakan solusi
8. Mengatur perabot kelas yang mendukung pembelajaran koorperaif
9. Menggunakan karya siswa sebagai sumber belajar
10. Menggunakan sumber belajar yang bervariasi
11. Memberi pembelajaran yang menghasilkan karya siswa
Langganan:
Postingan (Atom)